Laman

Bakteri “Baik” Pada ASI

Sebagaimana yang telah diketahui, banyak faktor-faktor pada air susu ibu yang dianggap berguna dalam menurunkan resiko diare dan infeksi gastrointestinal pada neonatus.

Menurut sebuah artikel yang dimuat pada Journals of Pediatrics edisi Desember 2003 ada langkah lain untuk menurunkan penyakit-penyakit gastrointestinal yaitu dengan menggunakan koloni-koloni bakteri “baik” pada usus, seperti Lactobacilli. Lactobacilli ini diduga mempunyai fungsi dalam menurunkan koloni-koloni bakteri-bakteri patogen penyebab diare dan infeksi gastrointestinal. Bayi yang diberi ASI memiliki koloni-koloni Lactobacilli di dalam ususnya, tetapi sampai saat ini sumber dari koloni Lactobacilli tersebut masih belum dapat dipastikan.

Pada artikel tersebut dikatakan bahwa peneliti Martin dan rekan-rekannya menggunakan teknik molekular untuk mendemonstrasikan bahwa ASI mengandung organisme yang sama dengan organisme yang membentuk koloni di usus. Dari demonstrasi tersebut ia menyimpulkan bahwa ASI bermanfaat dalam menyediakan organisme “baik” yang dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri “jahat”.
(www.pediatrik.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

Budayakan tinggalkan komentar setelah membaca apalagi mencopy abis... Plis Deh...