Laman

Dua Gol Rooney Benamkan Milan di San Siro


Rooney menjadi bintang kemenangan MU atas AC Milan, 3-2

MILAN. Penyerang Manchester United, Wayne Rooney, mencetak dua gol yang menentukan kemenangan timnya 3-2 atas AC Milan pada leg pertama 16 besar Liga Champions di San Siro, Selasa (16/2/2010). Hasil tersebut membuat satu kaki MU menjejak di babak perempat final.

Hasil ini mengecewakan bagi Milan, yang mendominasi dan banyak menciptakan peluang, terutama di babak pertama. Selain itu, mereka juga unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan tiga menit melalui Ronaldinho.

Gol bermula dari tendangan bebas David Beckham yang salah diantisipasi Patrice Evra. Bola kemudian bergulir ke kaki Ronaldinho yang berada di tengah kotak penalti. Ronaldo langsung menembakkan bola, yang melesak ke sudut kiri atas gawang MU, setelah membentur Michael Carrick.

Tak mau memberi angin, Milan mempertahankan agresivitas dan semakin rajin mengejar bola ke mana-mana. Entah apa yang salah dengan MU. Yang jelas, mereka kemudian menjadi sering kehilangan bola dan terlambat mengambil langkah antisipasi. Akibatnya, gawang Edwin van der Sar sering berada dalam bahaya.

Pada menit ke-18, misalnya, Ronaldinho berhasil menggiring bola ke kotak penalti. Sayang, sebelum sempat menembakkan bola, ia keburu dijatuhkan oleh Rio Ferdinand. Namun, wasit menyatakan itu bukan pelanggaran dan permainan pun jalan terus.

Peluang emas berikutnya didapat Milan ketika Klaas-Jan Huntelaar berhasil menjangkau umpan terobosan Amborosini dan melepas tendangan ke sudut kanan bawah gawang MU. Sayang, eksekusinya kurang sempurna sehingga bola melenceng dari sasaran.

Di tengah tekanan dan sulitnya menemukan irama permainan sendiri, MU berhasil menyamakan kedudukan melalui Paul Scholes pada menit ke-36. Memanfaatkan umpan silang Darren Fletcher, Scholes mengirim bola masuk ke sudut kanan bawah gawang Dida.

Gol itu tak kunjung membuat MU berhasil memperbaiki penampilan dan terus berada dalam tekanan. Untungnya, Milan terus mengalami kesulitan dalam mengubah peluang menjadi gol. Skor 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Milan mencoba mengendalikan permainan. Namun, MU mampu memperbaiki penampilan dengan bermain lebih agresif dalam merebut bola dan menutup ruang bagi Milan. Ketika mendapat ruang, MU pun cepat melakukan serangan.

Perlahan, Milan mengalami penurunan tempo dan mulai sering tertekan. Kegagalan Milan mempertahankan kualitas akhirnya berujung bobolnya gawang Dida oleh Wayne Rooney pada menit ke-65. Berada di kotak penalti tanpa pengawalan berarti, Rooney berhasil menanduk umpan Antonio Valencia, masuk ke sudut kiri atas gawang Dida.

Tak mau kehilangan momen, MU melanjutkan tekanan mereka. Nyaris tanpa perlawanan, MU berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1 berkat gol Rooney pada menit ke-74. Memanfaatkan umpan Fletcher, Rooney yang berada di tengah kotak penalti menyundul bola masuk ke tengah atas gawang Milan.

Keadaan tertinggal dua gol melecut Milan untuk memperbaiki performa. Memasuki menit ke-80, Milan sudah kembali bisa mengendalikan keadaan dan melakukan tekanan. Kerja keras mereka akhirnya membuahkan gol kedua dari kaki Clarence Seedorf pada menit ke-85. Memanfaatkan umpan Ronaldinho, Seedorf menyontek bola masuk ke sudut kiri bawah gawang Van der Sar.

Tak mau buang waktu, Milan melanjutkan tekanan mereka. Perjuangan Milan kemudian terbantu oleh kartu kuning kedua yang diterima Michael Carrick pada injury time. Sayang, semua itu ternyata tak cukup menolong Milan mencapai gol ketiga. Mereka pun terpaksa melihat MU pulang ke Manchester menjinjing setengah tiket perempat final.

Sepanjang pertandingan, Milan mendapatkan penguasaan bola sebesar 50 persen dan menciptakan enam peluang emas dari 16 percobaan. Sementara itu, MU berhasil melepaskan empat tembakan tepat ke gawang dari 14 kali usaha. (*) dikutip dari KOMPAS.com

Susunan pemain:
Milan:
Dida; Antonini (Cavalli 38), Nesta, Thiago Silva, Bonera; Ambrosini, Pirlo, Beckham (Seedorf 72); Huntelaar (Inzaghi 76), Ronaldinho, Pato
MU: Van der Sar; Evra, Evans, Ferdinand, Rafael (Brown 90); Park, Carrick, Fletcher, Nani (Valencia 63); Scholes; Rooney


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Milan boleh kalah karena belum beruntung.
Manchester menang hanya karena beruntung.
tapi secara kualitas permainan, milan lebih baik. semoga saja milan mampu menang 2-0 di Ol trafford...

Poskan Komentar

Budayakan tinggalkan komentar setelah membaca apalagi mencopy abis... Plis Deh...